ARDYA TRANSPORT

Keraton Yogyakarta Menyimpan Banyak Sejarah & Budaya

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang sudah sangat terkenal. Tidak hanya itu saja, objek wisata yang sering banyak di kunjungi oleh para pelancong ini juga menyimpan banyak sejarah dan budaya. Apabila kalian memasuki area lingkungan keraton jogja, kalian akan mendapatkan informasi tentang sejarah dan budaya di indonesia, Sebab keraton jogja merupakan bangunan yang di bilang sangat tua, Keraton jogja juga menjadi saksi bisu dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

Sejarah Singkat Keraton Jogja Ngayogyakarta

keraton yogyakarta

Pertama kali keraton jogja mulai didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 175tepa5 atau lebih tepat nya sebelum pasca perjanjian giyanti terjadi. Menurut informasi yang kami dapatkan bahwa keraton jogja dulu nya hanya sebuah bekas bangunan pesanggrahan yang diberi nama garjitawati yang merupakan tempat iring-iringan jenazah raja-raja mataram sebelum di bawa ke peristirahat terkahir yaitu makam raja-raja imogiri bantul. Saat ini keraton ngayogyakarta menjadi icon utama kota yogyakarta, yang sampai saat ini juga menjadi salah satu wisata budaya di jogja yang selalu banyak pengunjung.

Tidak hanya itu saja, keraton jogja juga memiliki bentuk bangunan yang sangat unit. Serta terdapat beberapa ruangan khusus yang ada di dalam keraton dengan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut  komplek yang terdapat di keraton Ngayogyakarta :

1. Siti Hinggil Ler ( Balairung Utara )

Komplek Siti Hinggil Ler digunakan untuk acara-acara tradisi adat dengan menyelenggarakan upacara kerajaan, komplek siti hinggil juga menjadi saksi nyata pada 19 Desember 1949 diresmikan nya salah satu universitas ternama di jogja bahkan di indonesia yaitu, Universitas Gajah Mada.

2. Kamandhungan Lor

Kita lihat pada bagian sisi selatan dari komplek Siti Hingil bahwa terdpat sebuah lorong yang melintang menuju arah barat dan timur, Pada dinding tembok selatan merupakan diNding Cepuri yang terdApat gerbang besar, yang bernama Regol Brojonoli kegunanan nya untuk penghubung antar komplek siti hinggil menuju je kamandhungan lor.

3. Sri Manganti

Pada sebelah selatan komplek kamandhugan lor terdapat sebuah komplek yang bernama Sri Manganti. Komplek Sri Manganti memiliki ddinding penyekat untuk hiasan yang sering disebut Makara Raksasa. Komplek ini juga di gunakan sebagai tempat menerima tamu penting dari kerjaan. Saat ini lokasi komplek sri manganti digunakan sebagai menaruh benda-benda puasaka yang beruppa alat musik gamelan.

4. Kedathon

Melihat pada sisi lain yaitu pada sisi selatan Sri Manganti terdapat sebuah regol donopratopo yang berfungsi untuk menghubungkan antara komplek kedathon dan komplek sri manganti. Kedahton adalah sebuah komplek inti seluruhnya keraton. Komplek yang memiliki tiga halaman ini memiliki fungsi yang beda-beda kegunanan nya. Ketiga halaman tersebut adalah pelataran kedhaton yang merupakan bagian inti dari Sri Sultan, selanjut nya adalah Keputren sebuah halaman yang khusus untuk istri serat para puteri Sri Sultan, dan yang terakhir adalah Kesatriyan khusus untuk para putra Sri Sultan.

5. Kamandhungan Kidul

Sebuah bangunan yang berada di selatan komplek kamagangan yang memiliki sebuah gerbang yaitu regol gadhung mlati, Gerbang ini berfungsi sebagi penghubung antara komplek kamagangan dengan kamandhungan kidul. Kalian juga harus tau, bahwa di kamndhungan kidul juga terdapat sebuah komplek yang bernama bangsal kamandhungan. Menurut informasi yang kami dapatkan, baHwa bangsal ini berasal dari pendapa desa pandak karang nangka sokawati, yang dulu nya pernah dijadikan tempat Sri Sultan Hamengkubuwono I bermarkas saat perang tahta III.

Menikmati Keseruan Wisata Di Keraton Yogyakarta

Untuk menikmati liburan di kota jogja memang tidak hanya sekedar bermain dan berfoto saja, Akan tetapi kalian juga perlu mencoba untuk berkunjung ke salah satu wisata budaya di jogja salah satu nya keraton yogyakarta. Nah, jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar sejarah dan budaya, atau sewa mobil jogja lebih lengkap nya bisa hubungi kami.

Kenapa?, Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu peninggalan pada jaman dahulu yang saat ini masih aktif ini, memang selalu menjadi pilihan untuk di kunjungi. Apalagi banyak dari luar kota, yang ingin melakukan studi tour ke keraton untuk bisa mengenal sejarah-sejarah yang mungkin, saat ini hampir di nomer dua kan oleh kalangan anak-anak muda.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka Dan Fasilitas Yang Terdapat Di Keraton Nyogyakarta

Bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke keraton jogja, pasti akan mencari tau berapa harga tiket keraton jogja, jam berapa mulai di buka ?. Nah, untuk itu kami akan memberikan informasi lengkap tentang harga tiket masuk nya. Untuk tarif harga sebenarnya cukup murah sekali yaitu Rp. 7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500 untuk wisatawan mancanegara. Lalu, untuk jam buka nya mulai dari jam 08.00 wib sampai jam 14.00 wib. Jadi, dengan informasi diatas kalian tidak perlu bingung lagi ketika akan berlibur ke jogja. Satu lagi, untuk tempat parkir nya pun anda juga harus tau, kalau untuk jenis bus bisa parkir di abu bakar ali, ngabean atau parkiran bank indonesia, dan untuk mobil jenis elf, hiace, avansa atau city car bisa di sebelah timur keraton yogyakarta.